Monday, December 26, 2011

Lika-liku Punya Bisnis Sendiri

Siapa bilang punya bisnis sendiri lebih mudah? bebas mengatur waktu seenak hati dan tinggal menerima uang segepok?

Ya mungkin saja, kalau anda hanya mewariskan kerajaan bisnis dari orang tua, yang sudah berjalan dengan sistem sempurna.

Bagaimana dengan membangun usaha sendiri dari Nol?
Keuletan, kesabaran, dan kerja keras yang jauh lebih keras dari pada menjadi seorang karyawan adalah modal utama anda untuk berhasil. Di samping faktor Luck atau Ridho dari Yang Maha Kuasa.

Saya mengalami sendiri. Selama lebih dari 4 tahun menjalankan usaha sendiri, tidak terhitung jatuh bangun, rasa frustasi, dan sedih saya alami. Saya memulai bisnis betul-betul dari Nol. Dengan uang pinjaman bank di bulan awal usaha, tanpa uang pemberian orang lain. Tidak dari orang tua, saudara, apalagi pacar.



Kadang rasa jenuh dan malas saya hadapi. Punya usaha yang dimulai dari Nol tidak membuat anda dapat tidur dengan tenang. Pikiran untuk memutar uang, meningkatkan penjualan, mengatur stok, produksi, mengatur pegawai, bayar servis charge, sewa, dan sebagainya selalu menghantui. Tidak terhitung berapa kali saya tergoda untuk kembali menjadi pegawai saja, mencari kantor yang memberi gaji besar, tanpa harus pusing-pusing memikirkan printilan usaha.

Sampai hari ini pun saya masih belajar untuk bersabar menjalankan usaha saya.
oleh karenanya, saya sangat salut dengan pengusaha yang berhasil membangun bisnisnya dari Nol.
It's hard. Really hard.

0 komentar:

 
;