Wednesday, May 26, 2010

Perjuangan menjadi seorang Ibu

Ga terasa, kehamilan gw udh mencapai bulan ke 5.
Luar biasa, bermacam 'pengalaman' yg gw dapat slama kehamilan ini.

Ternyata menjadi seorang Ibu itu butuh perjuangan luar biasa, pantas dibilang surga itu ada di telapak kaki ibu yahh 



Utk sharing dan bahan kenangan gw tulis di blog ini pengalaman slama gw hamil :)

1. Flek-flek


'Pengalaman' pertama yg gw alamin di trimester pertama. Gw flek2 slama 3 minggu! Total disuruh bedrest sama dokter. Jd leyeh2 di kamar aja hehe
Ga tau kenapa bs flek, banyak faktor kt dokternya. Bs krn kurang kuat, stres, hamil di luar kandungan, hamil anggur, dan sgala hal nakutin lainnya.
Gw pun sampai ganti 4 dokter (dari dr Boy Abidin di mitra keluarga gading, dr Paulus di hermina jatinegara, dr Ahmad di deket rumah, dan skr berobat ke Dr abdullah di rs hermina bekasi). Dikasih sgala macem penguat, mulai dari yg dimasukkin lwt bawah (cygest) dan diminum (duphaston, preabor tab). 

Slama bedrest itu gw tiap minggu ke dokter kontrol, krn takut terjadi pendarahan. Tiap kontrol diperiksa usg trans V slama stengah jem! Sampe kram kaki gw ngangkang. Krn dokter blm nemu kantong janinnya. Ga usah ditanya gmn rasanya diobok2 jeroan dalam. Perasaan campur aduk; kesel, sedih, marah, sakit, malu, stres, tumplek jadi satu.
Untunglah, setelah 2 minggu, akhirnya muncul buletan ky cincin di layar. Kantong janin. Alhamdulillah! Gw seneng bgt. Obat penguat terus gw minum slama 3 bulan trimester 1. Dosisnya dikurangin terus sampai bulan ke 4 di stop :) 


2. flu: radang tenggorokan, batuk, pilek



Cobaan berikutnya adalah sakit flu. Kebetulan di rumah Lucky lg sakit flu, udah beberapa hari ga sembuh, pilek dan batuk. Alhasil, gw yg sekamar pun terkena radiasinya. Awalnya sakit tenggorokan aja, trus menjalar ke pilek. Berhubung pingin ngirit dan merasa flu cuma penyakit ringan, jd gw berobat ke klinik kantor (gratiss). Sama dokter umum yg jaga dikasih FG troches, Amoxilin, Paracetamol, dan vitamin. Sebetulnya gw rada takut minum obat2an, tp setelah browsing2 obat tersebut tmsk aman. Gw pun minumnya ga teratur, pas lagi bener2 ga enak badan aja, yg mana ga bener jg ya hehehe alhasil flu ga sembuh2, malah badan demam dan paha muncul ruam2 merah, panas, gatel 
Hikss.. akhirnya memutuskan untuk ke Spog ajah. Oiya, untuk meredakan ruam merah itu gw minum air kelapa ijo (saran dari ides, temen kantor yg lg hamil jg :) Alhamdulillah ruamnya berangsur ilang, demamnya jg turun.
Besoknya saat ke dokter, alhamdulillah dedek sehat. Dokter rada ga setuju gw minum FG troches. trus semua obat dari kantor disuruh stop, dan gw dikasih obat racikan 1 macam aja. Kalo udh baekan, ga usah diminum lagi.
Alhamdulillah, obatnya cespleng. 3 hari kemudian, gw udh bisa ngantor. Sejak itu, kalo sakit mending langsung ke dokter aja deh hehehhehe...



3. Kram kaki



Nah, kaki gw mulai dari pinggang ke bawah, seriiiiinggg bangettt kram.. sampai kalo bangun dari tidur tuh betul2 penuh perjuangan. Sakittt banget, ototnya ketarik. Segala macam stretching dan urut udah dilakukan tp blm berkurang sakitnya. Kata dokter, itu emang paket hamil, jd salahin aja bapaknya heheheh..
Akhirnya setiap malam, Lucky mijitin kaki gw hehehehe makasih ya sayang 




4. Mual, terutama sikat gigi n ke wc



Wah jangan ditanya betapa enegnya tiap masuk ke wc, apalagi kalo mu sikat gigi. Muaaalllll buangeeettttt.. gw pun ngakalin dgn sikat gigi dibawa ke kantor, krn kalo pas mandi pagi sikat gigi, susah banget nahan enegnya. Belum lagi, wc kantor yg sangat tidak layak, membuat makin eneg kalo ke wc. Jadi deh, gw mencari2 wc lain di kantor yg lebih mendingan, meski harus jalan agak jauh.




5. Gatal-gatal: PUPPP/prurigo gestationis


Dibanding semua cobaan yg gw dapat, yg paliiiinggg ga nahaaan sampai saat ini adalah GATAL-GATAL! Gatal2 baru gw alamin saat 4,5 bulan kehamilan. Awalnya ky bentol biasa di belakang lutut, gw garuk, tp kok lama2 makin banyak. Menyebar ke betis, paha, pantat, tangan, payudara, mata kaki.. setiap malem ga bisa tidur karena gateeeeeeeellll banget, dan ga mungkin ga digarukkk 
Gw udah olesin krim stretchmark mothercare (krn gw pikir krn kulit kering dan terjadi peregangan kulit slama hamil), minyak zaitun, minyak kayu putih, minyak angin, bedak salycyl, baby oil, tapi teteupppppppp gatelll..
Gw pun berobat ke Dr. Lily Soepardiman, spKK di hermina jatinegara. Tadinya mau ke dr abdullah dan dr jadaru tapi dua dokter itu ga praktek, ada acara apa gitu. Pergilah gw bersama lucky ke dr lily. Sama si dokter, kulit gw diteropong dgn kacamata khusus. Gw pun ditanya macem2, alergi makanan apa, pelihara hewan ga, dsb.. Si dokter kemudian bilang penyakit gw disebabkan hormon kehamilan yg bentrok dgn antibodi gw. Penjelasannya mirip dengan yg gw baca di internet tentang PUPPP. Si dokter kemudian ngasih gw obat salep (isi salicyl acid dan kloderma), dia ga mau kasih obat oral dulu. Dr lily udah wanti2, kalo gatel2 ini bisa gw alamin lagi di kehamilan ke-2 and even worse! hiksss... dokter nakutin ajaaaa dehhh.. dan baru ilang kalo udah ngelahirin... hikss hiksss....
Dokter jg ngelarang gw makan seafood, kacang tanah, dan hal2 yg bisa micu alergi.
Salep pun gw oles2 sampai habis, tapi gatel tak kunjung hilang. Malah semakin banyak, dan menyerang payudara. hikss... hiksss.. gw ampe ga tahan pake beha, krn gatelllllll dan panasss...
oiya gw pun sempet berobat ke klinik, sama bidan gw cm dikasih bedak salycil. Yang mana ga ngaruh jg... hikss..


Seminggu kemudian (senin kemarin) gw berobat ke dr abdullah, alhamdulillah di usg dedek baek2 aja, tambah besar (meski berat badan gw ga naek2 banget). Si dokter pun menyuruh gw tes darah (diabetes, hepatitis, dll), dan gw dikasih obat racikan (prednison, chlorphenon 4mg, dan vit c 100 mg). Obat utk sminggu, kalo ga sembuh disuruh balik lg. Gw jg disuruh stop pk lotion2, minyak, dll utk mengontrol penyebab gatelnya.
cuma berhubung gw ga tahan sama gatel, jd masih gw olesin minyak tawon sama bedak salycil sih, trus abis mandi gw olesin bedak zwitsal ke badan.
Semoga penyakit kulit ini sembuh ya Allah. Betul2 deh kesabaran diuji banget sama penyakit ini. Kurang tidur, gatel, bikin emosi dan mood kacaaauuuu... Beberapa kali gw nangis karena kesel, ga tahan sama gatel, ga bisa tidur.. sementara bsk harus ngantor 


Alhamdulillah gw punya suami yg sabar dan baek banget, makasih ya sayang :)
dan yang terpenting, semoga bayi gw sehat. Amin.


Perjuangan menjadi seorang Ibu memang tidak mudah. Now, I know kenapa surga berada di telapak kaki Ibu 



6 komentar:

nina said...

mba sama nih saya jg skrg sdg mengalami puppp, mba mau nanya akhirnya sembuhnya pakai apa mba? tks

nina said...

mbak sama nih, saya skrg jg mengalami puppp, mbak maaf mau nanya mbak akhirnya sembuhnya pakai apa? tks atas jawabannya

nina said...

mbak saya jg sedang mengalami PUPPP skrg, maaf mbak nanya mbak dulu sembuhnya memakai apa ya? tks

nina said...

mba sama nih saya jg skrg sdg mengalami puppp, mba mau nanya akhirnya sembuhnya pakai apa mba? tks

Unknown said...

Bagus.
Thx
N.o.u.r.a.n.i.o

Lydia said...

sembuh sendiri setelah melahirkan mba :)
untuk ngurangin gatel pakai caladyne lotion aja, tapi ga bisa menghilangkan krn itu dari hormon

 
;