Friday, June 3, 2011

Cabut Gigi Geraham Bungsu ternyata Ga Sakit!




Akhirnya gigi geraham bungsu atas kiri gw yang udah mengganggu sejak gw hamil tercabut sudah.

Sebelum dicabut, gw udh berobat 4x ke dokter gigi berbeda. Dokter pertama ga berani nyabut (gw msh hamil), dan cuma nambal aja. Dia bilang giginya harus dicabut setelah melahirkan. Giginya sendiri ga sakit lg, sampe sebulan lalu tambalannya lepas (bersama separoh dinding giginya *kynya pas gw makan rendang).

Sejak itu sakitnya naujubile, si geraham unyil yg tinggal separo ujungnya tajam dan nusuk dinding mulut plus gigi gusi bawahnya. Total ga bs dipake makan mulut sebelah kiri, mana jd bikin pusing, cnut2 ampe ke mata.

Berobatlah ke dokter kedua yg berbeda (gw ganti dokter krn dokter ini yg available, cukup srg praktek, kalo yg dulu cm sminggu sekali). Si dokter nanya, "giginya mau dirawat apa dicabut aja mba?" Ditanya gt pasti dong gw mikir ini gigi bs diselamatin + gw takut dicabut, jd lah gw dgn pede bilang "dirawat aja dok kalo bs dirawat".

Si dokter pun melakukan aksinya, ngebor + nambal.

"Udah ga sakit kan mba?"

Ehhmm.. Kok masih sakit ya. 

"Ohh.. Bentar lg ilang kok mba sakitnya"

Gw percaya aja, dan minta dokter ngecek gigi gw ada yg bolong ga, biar sekalian diobatin.

Si dokter ngecek2 dan menemukan 3 gigi gw bolong, ya udah gw minta tambal semua.

Setelah selesai, gigi geraham kiri gw kok msh cnut2 ya. Gw nanya dokter, katanya "ohh ini sakitnya gara2 gigi bawahnya bolong mba, ini udh saya tambal nanti jg ilang sakitnya".

Dokter ngasih resep amoxan dan ponstan, katanya aman utk menyusui.

Amoxan utk radang, dan ponstan utk sakit. Klo masih sakit terus disuruh balik lg.

Pulanglah gw setelah sejam gigi diobrak-abrik. Tapi kok masih cnut2 ya.

Btw rada kaget jg pas liat billnya, 1,2 jt utk 4 gigi (2 tambal biasa, 2 tambal permanen) hiiiikkkssssssssss... (⌣_⌣”) (⌣_⌣”).. Mana ga bs reimburse..


Seminggu berlalu, kok gigi makin sakit ya. Baliklah ke dokter itu. Pas di bor sakiiiit banget, dokternya pun ga berani lama2. Dia pun bilang "dicabut aja ya mba, mau ditambal permanen ga bisa nih, mbak nya kesakitan".

Gw rada keki, tahu gitu dari awal dong dok bilangnya, ga usah nawarin dirawat segala!

"Ya udah cabut aja deh dok, kapan bisa dicabut?", jawab gw pasrah.

"Wah nanti dicabutnya sama Dokter ronny mba, spesialis bedah mulut, bukan sama saya".


Gw bengong. " Lah bukan dokter yg nyabut?"

"Bukan mba, harus spesialis bedah mulut".

Wakk wakk waaww.. Dari pertama aja deh gw ke dokter ronny tau genee..

Alhasil gigi gw cuma ditambal sementara (yg menghabiskan biaya 300 rebeng, masih sakit pula!).


Besoknya gw langsung nelpon hermina untuk daftar drg. ronny. Waks, ternyata orangnya lg cuti keluar negeri selama seminggu.

Jadi lah gw menahan derita berhari2, dengan tergantung ponstan menahan sakit. Jd bs dibayangin perjuangannya nahan sakit gigi, sakit kepala, sambil momong anak n ngurusin toko. Weks pengen jedotin kepala aja!

Setelah berjuang seabad (alias 5 hari), akhirnya gw ga tahan. Hari senin, gw pergi ke spesialis bedah mulut lain yang praktek. 

Oya sebelum jalan gw udh minum paracetamol utk nahan sakit.

setelah curhat singkat ttg gigi gw, si dokter pun meriksa. Gigi kiri atas gw diketok, "sakit ga mba?"

"Sakit dok". Lah iye lah.

Trus gigi bawahnya.

"Sakit ga mba?"

"Ehhm engga dok.. Tapi biasanya sakit, cm tadi saya minum paracetamol jd ga gitu sakit skr".


Dokter diam sejenak.

"Jadi mana yg mau dicabut mba?"

"Ya yang sakit dok, atas itu, bawah jg sih kata dokter sebelumnya"


"Iya bawahnya yg mana ya, ada 2 nih yg sakit, kalo dicabut dua2nya abis dong giginya"


Dalam hati gw, lah emang dokter kemarin ga nulis rujukan di buku rawat jalannya??


"Yang atas dulu deh dok, ga tahan saya sakit snut2 ampe kepala".


"Wah mba kalo lagi sakit ga boleh dicabut, ilangin sakitnya dulu aja ya. Nanti balik lg".

Yah lemes deh gw. Terbayang harus menanggung sakit lagi.

"Emang ga bs diapain dok biar sakitnya ilang? Ganggu bgt nih". 

"Ga bs mba, kalo saya suntik bius ga mempan, mba malah kesakitan. Disuntiknya itu sakit banget lho mba, sakit banget". Si dokter mengulang2 kata 'sakit banget' dengan penuh penekanan. Jiper deh gw.


"Trus kapan saya balik lagi buat cabut?"


"Hari kamis ya, eh itu tanggal merah ya, libur dong, kalo gitu senin minggu depan".

Gubrak. Gw disuruh nahan seminggu??

"Ya udah deh dok, kasih obat biar ga sakit". Pasrah gw ngejawab.

"Iya saya kasih antibiotik utk radang dan paracetamol buat ngilangin sakit".

"Aman kan ya dok? Saya nyusuin soalnya".

"Aman. Paracetamol paling aman."

"Kalo ponstan dok?".


"Ponstan kurang aman mba, lebih aman paracetamol".

Sialan gw dikasih ponstan ama dokter kemaren, katanya aman.

"Oiya mba sekalian rontgen panoramic di parahita ya, deket kok mba".

"Emang disini ga bisa dok?"

"Lagi rusak mba, mau beli yang baru", suster langsung nyamber.


Etapedeee...


Pulang lah gw kembali dgn dompet berkurang 188 ribu, menahan gigi cnut2, tanpa gigi diapa2in. Cuma buat diresepin antibiotik dan paracetamol yg ga gw tebus krn msh numpuk dirumah.


Untungnya hari rabu drg ronny yg gw tunggu2 udah praktek. Langsung deh gw ke dia lusanya.

Alhamdulillah, doa gw dikabulin Allah swt. Memang doa orang teraniaya manjur ya.


Percaya ga percaya, gw ga nyampe 5 menit di ruangannya. 

Pas masuk, gw kasih tahu gigi gw sakit. Trus nunjukin hasil rontgen. Si dokter manggut2.

"Udah lama ya mba, kok ga dicabut dari dulu", kata dokter sambil baca buku rawat jalan.

"Iya dulu saya lagi hamil dok, ga boleh cabut ama dokternya. Trus ama dokter sebelumnya katanya bisa dirawat tapi ternyata ga bisa, trus senin kemarin mau dicabut tapi lagi sakit ga bisa dicabut kata dokternya". Ngerti ga tuh dokter ya gw jelasin ky gitu.


"Ya udh kita cek"

Gw duduk manis di kursi periksa.

dokter ketok2 gigi atas gw, "sakit mba?"

"Berasa dok"

"Berasa diketok apa berasa sakit?"


"Berasa diketok tapi ngilu juga, saya minum paracetamol tadi"


"Ya udah kita cabut ya"


"Ga papa nih dok lagi sakit gini?", teringat ucapan dokter kemarin yang bilang suntik sakit banget.


"Ga papa".

"Sakitnya dari gigi bolong juga ya dok? Soalnya yg bawah jg sakit"

"Bukan itu dari yg atas nusuk gigi lain, jd sakit. Giginya ga ada yg bolong, bagus kok".

Somprett, gw dibohongin lagi ama dokter yang dulu.

Si dokter pun udh siapp sama alat suntiknya.

Agak lega tnyata bukan suntikan, tp pake cetik2 ky termometer/pulpen gendut gitu.

Mata gw langsung merem. Bismillaaahh..


"Jangan tegang mba, rileks aja".

Gw sok2 rileks, sambil bayangin muka lylu yang lucu.

Cetik-cetik.. Cetik-cetik.. Ga sakit.. Cetik-cetik.. Aww.. 

"Itu bagian yg sakitnya mba"

Hehh.. Narik napas..

Cetik-cetik..

"Yak sekarang gigit mba"

Ehh.. Ga nunggu mulut kebal nih, kok kayaknya mulut gw blm dower?

Mulut gw dikasih sesuatu ky sumpit (ga tau bentuknya, mata merem), gw gigit.

"Yak buka mulutnya"


Greekkk! Berasa gigi geraham atas gw ketarik. Pluk!

Kaget, syok, duuuhh sakit deeehh.. Eh..eh ga sakit ya?


"Gigit lagi mba"

Gw kayak gigit sumpit lagi.

Grekk! Kaya ada yg melintas di gigi gw yg kecabut tadi.

"Yak selesai"


Gw buka mata.


"Udah selesai dok?"

"Udah, itu giginya", si dokter menunjuk gigi berlumur jigong eh darah di atas meja.

Eh cepet amat yak.


Dokter balik ke meja. Nulis2 di buku.

"Ya udah selesai mba, obatnya diabisin aja ya. Kapas setengah jam buang"

"Antibiotiknya cuma buat sehari dok, ga papa?"

"Ga papa itu aja."

"Ga minum paracetamol dok?"

"Ga usah, kalo sakit aja"

"Kapan bisa makan dok?"

"Setengah jam bisa".


Wehh cepet amat, bukannya beberapa jam ya.


"Saya kapan balik lg dok?"

"Seminggu kita cek lagi"

Gw masih ga percaya, kok cepet amat yak cabut gigi.

"Ini udh dijahit dok?"

"Udah kan tadi dijahit". Si dokter udh rada pengen ngusir, ni pasien nanya2 mulu pikirnya kali.


"Ok dok makasih"


Keluar ruangan gw liat jam, buset nyabut gigi ga sampe 2 menit! Proses cabut gigit tercepat yang pernah gw alamin. Ga sakit pula! 

Pantes tu dokter praktek cuma sejam tapi pasiennya banyak ya. Express gitu.

Bayar di kasir, ternyata cuma 470 ribu. Padahal gw udah ketakutan bakal kena berjut-jut. Secara cabut geraham bungsu itu terkenal mahalnya.

Mungkin cabutnya sederhana bin gampang kali ya.

Tapi tetep murah sih, 5 taon lalu gw cabut gigi 500 ribu.


Akhirnya gw pulang dengan hati riang.

Alhamdulillah, momok yg menghantui berakhir juga. Bisa tidur pulas setelah lama menderita.


Oiya besoknya darahnya bekas dicabut udah berhenti, dan ga sakit. Mantapp deh!




Moral of story: kalo sakit gigi langsung berobat, dan cari dokter yang bener2 bagus biar ga bolak-balik ky gw hehehe


Gw rekomen dokter ini deh, namanya Drg. Ronny Corputty, Sp. Bm.



5 komentar:

sassylanita said...

Mbak, aku mau tanya.. dokter Ronny praktek di mana yah? aku juga mau cabut gigi bungsu tapi maunya yg murah dan gak sakit.. plis infonya yah. thx...

Nur S said...

Mba' Q mo minta alamat praktek dkg Rony bsa g? coz geraham bungsu Q sebelah kanan bawah dah hampir setahun skit nie...
kata'nya harus di operasi dan ternyata harganya mahal bgtz...
Duuuhh.. g sanggup dech buat byar operasi yang ampe jutaan rupiah..
Mohon infonya ya mba...
Bisa di post ke email q juga di Jofunika@yahoo.co.id
Thanx

Lydia and Lucky said...

Drg Ronny praktek di RS hermina bekasi mba. Silakan coba ke sana :)

indi said...

Mbak Lyd..
Boleh nanya2 ya?
Aku jg mau operasi gigi bungsu nih..
Klo di rs hermina berapa ya klo operasi?
Karena di rsgm fkg UI dengan drg ronny juga biayanya lumayan menguras tabungan.. 2,250jt :(
Klo disana lebih murah dengan dokter yang sama, kenapa ga.. Hehe :D

Lydia said...

@Indi: Pas kemarin aku cabut sih biayanya 470 rb. Mungkin tergantung kasusnya juga kali ya mba, tp msh lebih murmer dibanding cabut gigi biasa hehehe.. coba aja mba ke rs hermina bekasi, praktik senin dan rabu kalau tidak salah. Bisa telp rs.nya dulu :)

 
;